Sabtu, 05 Desember 2009

saya bosan menulis di blog

Bosan dengan aktivitas blogging sudah menjadi hal biasa yang akan dihadapi para blogger. Adakalanya kita malas untuk menuliskan postingan artikel pada blog yang kita kelola. Nah, bagaimana cara mengatasi kebosanan aktivitas blogging ini? Akan saya berikan beberapa tips sederhana. Postingan ini dibuat setelah saya berjumpa dengan beberapa teman yang pernah cerita akan masalah aktivitas blogging yang mereka hadapi. Mereka bertanya, kenapa saya selalu rajin menulis dan mengupdate artikel di blog. Saya jawab kalau saya suka blogging seperti yang pernah tertulis di I love Blogging. Lalu nanya lagi, "Apa ga bosan nulis terus". Saya juga merasa bosan, namun ada cara untuk mengatasi kebosanan ini.

Blogging, what is that? Blogging atau Ngeblog (istilah bahasa Indonesia untuk blogging) harus dilakukan hampir setiap waktu untuk mengetahui eksistensi dari pemilik blog. Juga untuk mengetahui sejauh mana blog dirawat (mengganti template) atau menambah artikel. Sekarang ada lebih 10 juta blog yang bisa ditemukan di Internet. Dan masih bisa berkembang lagi, karena saat ini ada banyak sekali software, tool, dan aplikasi Internet lain yang mempermudah para blogger (sebutan pemilik blog) untuk merawat blognya.selain merawat dan terus melakukan pembaharuan di blognya, para blogger yang tergolong baru pun masih sering melakukan blogwalking, yaitu aktivitas dimana para blogger meninggalkan link di blog atau situs orang lain seraya memberikan komentar. Beberapa blogger kini bahkan telah menjadikan blognya sebagai sumber pemasukan utama. Sehingga kemudian muncullah istilah profesional blogger, atau problogger, orang yang menggantungkan hidupnya hanya dari aktivitas ngeblog. Karena memang faktanya banyak chanel-chanel pendapatan dana baik berupa dolar maupun rupiah dari aktivitas ngeblog ini. [Wikipedia]

Saya sudah ngeblog sekitar empat bulan hingga tulisan ini saya posting. Jadi sedikit berbagi pengalaman saja kepada teman-teman. Kata orang, pengalaman adalah guru yang terbaik. Entah ini benar atau tidak, tapi menurut saya sepertinya benar koq dan banyak manfaat yang bisa didapatkan dari pengalaman. Bukan berarti saya sudah pengalaman, namun saya sudah pernah mengalaminya. Pokoknya begitulah, daripada kita semua dibuat bingung.

Tips mengatasi kebosanan aktivitas blogging
  1. Tulislah artikel cukup satu paragraf saja pada hari itu. Hal ini akan berguna untuk memanjakan blog kamu di search engine yang suka terhadap blog yang selalu diupdate. Bisa di baca di promosi blog ke search engine.
  2. Menulis artikel tidak harus selalu sesuai tema blog. Mengapa? Karena pada dasarnya, blog atau weblog adalah jurnal pribadi yang ditulis dan ditayangkan (self-publishing) berdasarkan kronologi waktu. Mungkin blog kamu tentang AutoCad 3D House Design, coba saja menuliskan hal lain diluar itu. Blog itu kan punya kamu dan kamu punya kuasa untuk menulis apa saja di blog kamu. Jangan takut kalau blog kamu dikatakan tidak konsisten, santai saja.
  3. Bila sedang rajin menulis, buatlah beberapa artikel dan simpan artikel di draft blog kamu. Cukup terbitkan satu artikel saja pada hari itu. Hal ini untuk menjaga bila kamu bosan menulis pada hari berikutnya. Nah, besoknya kamu tinggal publish artikel pada draft blog yang sudah kamu tuliskan kemarin. Sederhana koq dan tidak rumit.
  4. Kalaupun kamu sudah sempat menulis artikel yang panjang dan ternyata kehilangan inspirasi untuk melanjutkan, cukup tuliskan kata bersambung atau to be continue di bawah artikelmu. Entah itu mau disambung kapan, terserah kamu sajalah.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa mengurangi keluhan saya bosan menulis di blog.

silakan masukan alamat email anda

Delivered by FeedBurner

2 komentar:

aditya mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

bagus isinya mas. tp kalau bisa. sering2 blogwalking jg soalnya isi yang seperti ini jg jrg dicari orang2. cm sedikit masukan.
semoga berkenan.

Posting Komentar