Sabtu, 02 Januari 2010

Belajar Dari Kompetitor Untuk Membuat Blog Lebih Baik




Apa yang selama ini Anda dapat dari blogwalking? Sekedar kunjungan balasan? Seharusnya Anda bisa mempelajari lebih. Ratusan blog yang telah Anda singgahi. Tentu dengan ragam topik yang berbeda dan beberapa di antaranya mirip dengan Anda. Lebih khusus ketika Anda menemui blog-blog yang hampir sama dengan Anda bisa jadi beberap lebih ramai atau lebih sepi. Jangan hanya blogwalking sesaat dan sebaiknya Anda mempelajarinya.

Langkah pertama lebih baik Anda simpan nama-nama pesaing Anda. Tentu Anda bisa mengukur kesuksesan mereka. Lalu mungkin Anda berpikir, "Mengapa aku tak seberhasil dia?"

Perhatikan Bagaimana Cara Mereka Menulis
Meskipun setiap orang memiliki gaya sendiri dalam berbicara atau menyampaikan sesuatu bukan berarti ia harus melupakan dan berhenti belajar dari bagaimana cara orang lain menyampaikan. Bacalah postingan kompetitor Anda dan bandingkan dengan blog Anda. Apa nilai lebih mereka. Apakah karena mereka lebih update dari Anda? Atau mereka mampu memberikan informasi yang berbeda? Atau mungkin hanya karena gaya bahasa yang berbeda? Anda bisa mempelajarinya.

Perhatikan Peringkat Mereka
Selidiki bagaimana peringkat mereka di Google. Apakah mereka lebih baik dari Anda atau tidak. Cobalah perhatikan salah satu judul postingan mereka. Ambil kata kunci dan ketikkan di mesin pencari.

Lihat juga peringkat mereka seperti pagerank atau alexa dan mulailah mencari jawaban apakah mereka melakukannya dengan alami atau jalan pintas, atau bahkan curang?

Perhatikan Bagaimana Cara Mereka Berpromosi
Cari tahu bagaimana mereka berpromosi. Apakah ia cukup kuat di social bookmark seperti facebook? Perhatikan facebook Kang Rohman. Setiap membuat status akan berhubungan dengan konten terbarunya dan langsung penuh komentar. Dipastikan beberapa akan mendatangi blognya. Itu menunjukkan ia kuat juga di facebook. Bagaimana dengan Anda? Dan masih banyak cara berpromosi yang bisa Anda selidiki. Kemana mereka blogwalking? Apakah mereka aktif di forum? Dan lain-lain.....

Membuat Kesimpulan, Apakah Anda Bisa Lebih Baik?
Sekarang saatnya Anda bisa membedakan dari dua kompetitor Anda. Yang pertama mengambil hal-hal positif dari blog-blog kompetitor yang lebih sukses. Dan selidiki pula mengapa blog-blog kompetitor Anda (blog dengan topik sama) yang lain gagal menuai sukses. Anda harus tahu apa yang menyebabkan kegagalan mereka dan menghindarinya.

Yang perlu diperhatikan Anda tak perlu jumawa apabila kemudian Anda melihat banyak blog yang jauh lebih buruk ataupun putus asa dan merasa kecil ketika Anda merasa blog Anda paling buruk. Anda bisa mempelajari dari hal yang terbaik atau yang terburuk untuk membuat blog Anda lebih baik.

Melihat apa saja yang kami dapat berikan setiap paginya dengan cepat melalui email Anda. Menjadi yang tercepat membacanya dan Anda satu langkah di depan untuk mengambil kesimpulan kemudian bertindak.....

silakan masukan alamat email anda

Delivered by FeedBurner

3 komentar:

rachmat arma mengatakan...

siip nih isinya.menurut saya sih postingan diatas sebenarnya untuk mereka-mereka yang pengen menghasilkan uang lewat blog dan untuk berkompetisi. baguslah buat panduan. mantep.

Adin marscell mengatakan...

wah tambah ilmu nih sob tank's

HAPIA Mesir mengatakan...

iya mantab sob...semangat bloggingnya... saran aja...blognya jangan sering muter2 sob....jadi pusing ni...hehehe

Posting Komentar