Minggu, 25 April 2010

Memasang Mesin Pencari Artikel Ala Google di Blog

Banyak sekali yang ingin memasang widget pencari seperti di blog ini (coba masukkan kata kunci misal: 'Kontes' di kotak pencari di kanan atas sidebar saya, lalu tekan Enter). Namun, banyak yang masih mengalami kesulitan dan kegagalan. Namun itu bukan berarti rangkaian 3 tutorial saya salah, karena tidak sedikit yang berhasil menerapkannya. Postingan ini muncul untuk menjawab kebingungan bagi yang belum berhasil dan semoga benar memudahkan.



Pertama, Buat Google Anda Sendiri
Untuk membuatnya kita menggunakan layanan Google Custom Search Enginee. Adalah layanan dari Google untuk membuat hasil cari lebih pribadi. Misal Anda bisa tentukan hanya situs apa saja yang masuk ke blog Anda, atau Anda masukkan seluruh situs tapi Anda tekankan untuk blog tertentu. Nah, kita bisa memanfaatkannya untuk membuat mesin pencari khusus blog kita. Saya rasa ini mudah dan silahkan langsung buat di Buat Google Anda Sendiri 2.

Kedua, Tempatkan di Halaman Postingan Anda
Katakan saja misal Anda telah lakukan langkah pertama, dan mesin pencari Anda telah jadi. Sekarang saatnya lakukan setting agar bisa ditempatkan di blog Anda.

Perhatikan gambar berikut:


Klik nomer satu untuk lihat dan uji mesin pencari Anda
Klik nomer dua untuk setting dan lanjutkan proses pemasangan ke blog.

Sekarang Anda klik nomer 2 (Panel Kontrol). Anda akan masuk ke halaman setting mesin pencari Anda. Silahkan buka Menempatkan Hasil Cari di Halaman Postingan Anda untuk panduan lengkapnya. Hal-hal berikut yang perlu diperhatikan agar tidak salah:
- Anda harus buat dulu postingan kosong lalu publikasi. Bukan sebagai draft namun dipublikasi karena kita akan membutuhkan alamat postingan atau url-nya.
- Masuk ke Look and Feel (Tampilan dan Nuansa). Tampilan standart mesin pencari yang kita buat harus diubah dahulu agar bisa diintegrasikan di blog. Jangan sampai lupa untuk memilih Iframe pada Opsi Penginangan lalu klik Simpan.
- Nah, sekarang Anda klik Get Code (Dapatkan Kode) di bawah menu Look and Feel. Jika Anda benar, maka akan ada dua kode.
- Jangan langsung ambil kode namun masukkan url/alamat postingan kosong Anda pada kolom isian URL. Karena setelah Anda isi kolom isian url, script otomatis berubah.
- Masuk ke pengeditan postingan (Login blogger- edit post), silahkan edit postingan kosong Anda. Jangan lupa untuk berpindah ke mode edit HTML, dan masukkan script kedua (script bawah) di sana. Lalu simpan.
- Script pertama (atas) silahkan masukkan ke gadget HTML Anda. Terserah peletakannya sesuai keinginan Anda.

Jika Anda perhatikan point-point di atas, maka mesin pencari Anda akan sukses dibuat. Jika ingin lebih unik, Anda bisa memodifikasi halaman hasil cari Anda, misal dengan menambahkan logo dan juga meletakkan widget pencarinya di atas hasil cari (Baca: Modifikasi Postingan Hasil Cari).

Di Akhir...
Hasil cari seperti ini jelas lebih memudahkan dan lebih menarik. Mesin pencari standar bawaan template kadang tidak menampilkan hasil yang relevan. Ini lebih canggih karena cara kerjanya adalah cara kerejanya Google, hanya zona cari di persempit hanya mencari dari blog-blog yang kita daftarkan. Jika ingin lebih mudah membuat yang di atas dengan widget standart blogger dan memahami alasannya lebih jauh agar Anda meninggalkan mesin pencari bawaan template, silahkan baca Tips Blog: Gunakan Kotak Search Dari Google.

Semoga bermanfaat dan sekali lagi semoga benar memudahkan...

silakan masukan alamat email anda

Delivered by FeedBurner

1 komentar:

mas doyok mengatakan...

dgn mesin pencari ini, hasil lebih relevan dan membantu pemeringkatan kita di google

Posting Komentar