Sabtu, 23 Januari 2010

sisi negatif dan positif komputer




Sisi positif dan negatif komputer
Nina Armando, Staf Pengajar Jurusan Komunikasi FISIP UI, mengatakan bahwa kemunculan teknologi komputer sendiri sesungguhnya bersifat netral. Pengaruh positif atau negatif yang bisa muncul dari alat ini tentu saja lebih banyak tergantung dari pemanfaatannya. Bila anak-anak dibiarkan menggunakan komputer secara sembarangan, pengaruhnya bisa jadi negatif.Sebaliknya, komputer akan memberikan pengaruh positif bila digunakan dengan bijaksana, yaitu membantu pengembangan intelektual dan motorik anak.
Diantara manfaat yang dapat diperoleh adalah penggunaan perangkat lunak pendidikan seperti program-program pengetahuan dasar membaca, berhitung, sejarah, geografi, dan sebagainya. Tambahan pula, kini perangkat pendidikan ini kini juga diramu dengan unsur hiburan (entertainment) yang sesuai dengan materi, sehingga anak semakin suka.
Dalam kaitan ini, komputer dalam proses belajar, akan melahirkan suasana yang menyenangkan bagi anak. Gambar-gambar dan suara yang muncul juga membuat anak tidak cepat bosan, sehingga dapat merangsang anak mengetahui lebih jauh lagi. Sisi baiknya, anak dapat menjadi lebih tekun dan terpicu untuk belajar berkonsentrasi.
Namun, sisi negatif penggunaan komputer tak juga bisa diabaikan. Salah satunya adalah dari kemungkinan anak, kemungkinan besar tanpa sepengetahuan orangtua, ‘mengkonsumsi’ games yang menonjolkan unsur-unsur seperti kekerasan dan agresivitas. Banyak pakar pendidikan mensinyalir bahwa games beraroma kekerasan dan agresi ini adalah pemicu munculnya perilaku-perilaku agresif dan sadistis pada diri anak.
Akses negatif lewat internet
Pengaruh negatif lain, adalah terbukanya akses negatif anak dari penggunaan internet. Mampu mengakses internet sesungguhnya merupakan suatu awal yang baik bagi pengembangan wawasan anak. Sayangnya, anak juga terancam dengan banyaknya informasi buruk yang membanjiri internet.
Meski demikian, mengajarkan internet bagi anak di zaman sekarang merupakan hal penting. Hanya saja, demi mencegah dampak negatifnya, ada beberapa hal yang harus dilakukan orangtua.

silakan masukan alamat email anda

Delivered by FeedBurner

7 komentar:

mas doyok mengatakan...

negatofnya kalau saya
jadi waktu habis disini terus

postifnya
blogging banyak temen
dan ilmu komputer buanyakkk

AA Ghie mengatakan...

benar sob,.,.,.,
kalo anak - anak mau maen komputer harus ada bimibingan ortu agar dapat mencegah hal negatif,,,,

berita bola mengatakan...

dirapikan lagi sob margin kanan postingan kamu, biar rapi terlihat

bang salom mengatakan...

kita ambil saja lah sisi positifnya bro

FnS mengatakan...

klo menurut aku, judulnya sebaiknya :sisi positif dan negatif internet"

Imoel mengatakan...

kalau menurut aku sich, tergantung pengguna nya aja sob, untuk apa komputer itu digunakan...

aditya mengatakan...

@imoel betul saya setuju dengan kmu....
:)

Posting Komentar